Inilah 10 Malaikat Allah Beserta dengan Tugasnya yang Wajib untuk Kamu Ketahui

Malaikat Allah

Malaikat merupakan salah satu makhluk yang diciptakan oleh Allah Swt yang terbuat dari cahaya. Malaikat juga sama seperti kita manusia yang diciptakan sama-sama untuk menyembah Allah Swt. Perbedannya adalah malaikat tidak memiliki hawa nafsu dan selain menyembah Allah Swt, para malaikat juga memiliki tugas yang wajib dijalankan. Percaya dengan malaikat-malaikat Allah merupakan salah satu rukun iman umat islam. Kamu harus mempercayai bahwa Allah Swt telah menciptakan para malaikat. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, berikut inilah 10 malaikat Allah beserta dengan tugasnya yang wajib untuk kamu ketahui.


1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu kepada para nabi. Wahyu ini merupakan wahyu yang diturunkan oleh Allah Swt kepada para utusan-utusannya yang diturunkan melalui perantara malaikat Jibril. Wahyu ini juga tentunya akan disampaikan oleh para nabi kepada umat-umatnya. Wahyu tersebut disebut juga kitab suci umat manusia dan kitab suci umat manusia ada 4 :

  • Kitab Taurat kitab Nabi Musa As.
  • Kitab Zabur kitab Nabi Zabur As.
  • Kitab Injil kitab Nabi Isa As.
  • Kitab Al-Qur’an kitab Nabi Muhammad Saw.


2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail ditugaskan oleh Allah Swt untuk menurunkan hujan dan juga memberikan rezeki kepada umat manusia. Malaikat Zibril biasanya akan memabagikan rezeki kepada umat manusia ketika pagi hari. Maka dari itu, usahakanlah untuk bangun pagi agar kamu mendapatkan rezeki yang diturunkan oleh malaikat Mikail.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil bertugas meniup sangakakala pada hari kiamat kelak. Ada 3 tiupan terompet sangakakala yang akan ditiup oleh malaikat Israfil. Tiupan pertama menghancurkan jagat raya beserat dengan isinya, tiupan kedua mematikan semua makhluk, dan tiupan ketika membangkitkan semua makhluk ke padang mahsyar. Padang mahsyar merupakan salah satu tempat yang ada apada hari kiamat sebagai tempat berkumpul umat manusia untuk diperiksai amal perbuatannya selama hidup di dunia.


4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa makhluk yang ada di bumi. Tiap-tiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Dan mencabut nyawa para makhluk yang ada di bumi merupakan tugas dari malaikat Izrail.

5. Malaikat Munkar & Nakir

Malaikat Munkar & Nakir bertugas menanyai mayat yang ada di dalam kubur. Malaikat Munkar & Nakir akan melontarkan beberapa pertanyaan kepada seseorang yang meninggal.

6. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib bertugas mencatat seluruh amal kabaikan yang dilakukan oleh manusia. Malaikat Raqib berada di pundak di sebelah kanan manusia dan mencatat seluruh perbuatan baik yang dilakukan oleh manusia.

7. Malaikat ‘Atid

Malaikat ‘Atid bertugas mencatat amal keburukan yang dilakukan oleh umat manusia. Malaikat ‘Atid berada di sebelah kiri manusia. Segala perbuatan buruk manusia akan dicatat untuk dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak.

8. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga. Ia akan menyambut orang-orang yang masuk ke surga dengan wajah yang tersenyum. Ia juga senang dapat menerima tamu Allah yang memiliki banyak timbangan kebaikan selama hidup di dunia. Maka dari itu jika kamu ingin masuk ke surga dan bertemu dengan malaikat Ridwan, maka perbanyaklah mengerjakan amalan kebaikan selama hidup di dunia.

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka. Malaikat Malik akan menyambut orang-orang yang masuk ke dalam neraka dengan wajah yang yang sangat marah. Malaikat Malik juga kecewa karena ada makhluk Allah yang terjebak untuk masuk ke dalam neraka. Itulah 10 malaikat Allah beserta dengan tugas-tugasnya.

0 Response to "Inilah 10 Malaikat Allah Beserta dengan Tugasnya yang Wajib untuk Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel