Inilah 5 Hukum Islam yang Wajib untuk Kamu Ketahui

hukum islam yang wajib kamu ketahui

Hukum islam merupakan sekumpulan aturan-aturan yang mengatur tentang kehidupan yang telah ditetapkan oleh agama islam. Sebagai umat muslim, kamu wajib mengetahui secara pasti 5 hukum islam. Hal ini dilakukan agar kamu tidak tersesat dalam menjalani hidup.


Berikut adalah 5 hukum islam yang wajib utnuk kamu ketahui

1. Fardhu (Wajib)

Wajib merupakan suatu perbuatan yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan akan mendapatkan dosa yang sangat besar. Hukum ini juga mencakup kewajiban manusia sebagai makhluk yang harus senantiasa taat menjalankan perintah-perintah dari Allah Swt. Fardhu terbagi menjadi 2: 

  • Fardhu ‘Ain, yaitu kewajiban yang wajib dikerjakan bagi tiap-tiap umat muslim. Contohnya : sholat 5 waktu sehari semalam, puasa di bulan ramadhan, membayar zakat, dan menunaikan ibadah haji ke Mekkah bagi yang mampu.
  • Fardhu Kifayah, yaitu kewajiban yang wajib dikerjakan bagi sebagahagian umat muslim. Contohnya: mengurus orang yang meninggal.


2. Sunnah

Sunnah merupakan suatu perbuatan yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan tidak akan mendapatkan dosa. Hukum ini mencakup perbuatan-perbuatan yang sebenarnya tidak wajib untuk dikerjakan namun akan memberikan pahala yang sangat besar bagi orang-orang yang mengerjakannya. Contohnya : mengerjakan sholat-sholat sunnah, berinfaq, bersedekah, membaca Al-Qur’an, membantu orang-orang yang sedang kesusahan, dan yang lain sebagainya. Meskipn tidak wajib untuk dikerjakan, namun kamu harus senantiasa mengerjakan perbuatan sunnah guna mendapatkan pahala dari Allah Swt.


3.Haram

Haram merupakan suatu perbuatan yang apabila dikerjakan akan mendapatan dosa dan apabila ditinggalkan akan mendapatkan pahala. Hukum ini mencakup perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt. Jika kamu mengerjakan perbuatan-perbuatan yang haram, maka kamu akan mendapatkan dosa yang sangat besar. Namun jika kamu meninggalkan perbuatan haram, kamu akan mendapatkan pahala. Perbuatan haram meliputi : makan babi, mencuri, meminum minuman yang memabukkan, berzina, dan yang lain sebagainya. Sebagai umat muslim yang berakal dan taat beragama, tentu kita harus senantiasa meninggalkan perbuatan haram. Karena perbuatan haram dapat menjerumuskan kamu masuk ke dalam neraka nantinya. Jika kamu ingin masuk ke dalam surga, perbanyaklah meakukan kebaikan-kebaikan dan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt.


4.Makruh

Makruh merupakan perbuatan yang apabila dikerjakan tidak mendapatkan dosa dan apabila ditinggakan akan mendapatkan pahala. Hukum ini mencakup perbuatan-perbuatan yang kita lakukan sehari-hari. Contohnya : merokok, makan durian, makan bawang, dan yang lain sebagainya. Mengapa merkokok, makan durian, dan makan bawang termasuk ke dalam perbuatan Makruh? Karena dapat mengganggu orang-orang yang ada di sekitar anda. Terutama ketika anda sedang berada di dalam masjid untuk mengerjakan sholat, disarankan terlebih dahulu untuk menghilangkan bau-bau tersebut. Karena bau yang timbul akibat merokok, makan durian, makan bawang, sangatlah menyengat.


5.Mubah (Harus)

Mubah (harus) merupakan perbuatan yang apabila dikerjakan tidak mendapatkan dosa dan apabila ditinggalkan tidak mendapatkan pahala. Perbuatan ini juga tidak akan berpengaruh terhadap dosa dan juga pahala yang kita dapat. Hukum ini juga meliputi perbuatan-perbuatan kita dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya : naik sepeda, naik kereta, jalan kaki, pergi ke tempat-tempat wisata, dan yang  lain sebagainya. Tidak ada larangan yang melarang kita untuk melakukan perbuatan ini dan tidak ada juga hokum yang mengharuskan kita untuk melakukan perbuatan ini. Semua ini dilakukan atas dasar kemauan diri sendiri. Itulah 5 hukum islam yang wajib untuk kamu ketahui.

0 Response to "Inilah 5 Hukum Islam yang Wajib untuk Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel