Inilah 3 Amalan yang Tidak Akan Putus Pahalanya Ketika Seseorang Meninggal


Setiap manusia pasti akan melewati batas umurnya dan kembali ke alam kubur. Tapi tahukah anda bahwa ada beberapa amalan yang selalu melekat dan tidak akan pernah terputus meskipun manusia itu telah tiada.


Rasulullah Saw pernah bersanda dalam sebuah hadis:
Amalan yang Tidak Akan Putus Pahalanya Ketika Seseorang Meninggal
Artinya:
“Apabila meninggal anak adam, terputuslah pahalanya kecuali 3 : sedekah jhariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya.”

Amalan tersebut juga akan terus mengalir pahalanya meskipun seseorang telah meninggal dunia.

Berikut adalah 3 Amalan yang Tidak Akan Putus Pahalanya Ketika Seseorang Meninggal

1. Sedekah Jhariyah

Sedekah jhariyah merupakan salah satu sedekah yang dilakukan ketika hidup dan memiliki fungsi yang berkepanjangan. Pahalanya akan terus mengalir karena memiliki banyak manfaat bagi orang-orang dan adanya orang-orang yang mendoakan orang yang bersedekah jhariyah.

Lalu, bagaimana bentuk sesekah jhariyah itu? Apakah hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melakukannya? Jawabannya : semua orang dapat melakukan sedekah jhariyah dan pada dasarnya sedekah jhariyah itu bentuknya bermacam-macam.

Salah satunya : indaq Al-Qur-an di Masjid ataupun Musholla, sedekah hibah pembangunan Masjid ataupun Musholla dan yang lain sebagainya. Amalan sedekah seperti yang telah dijelaskan di atas tentunya akan memberikan pahala yang tidak akan pernah terputus sampai seseorang meninggal dunia. Al-Qur’an maupun sedekah hibah untuk pembangunan Masjid ataupun Musholla tentunya akan sangat memberikan manfaat bagi banyak orang. Pahala dari sedekah jhariyah inipun akan terus mengalir jika sesuatu yang disedekahkan memberikan manfaat bagi banyak orang. Apalagi jika banyak orang yang mendoakan anda karena telah memberikan manfaat bagi banyak orang.


2. Ilmu yang Bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat juga salah satu amalan yang tidak akan putus pahalanya sampai seseorang meninggal dunia. Contohnya ilmu bermanfaat yang diajarkan oleh guru, ustadz, kyai, ulama, dan yang lain sebagainya. Jika ilmu yang diajarkan memberikan manfaat dan bermanfaat bagi banyak orang, sudah dapat dipastikan orang yang memberikan ilmu yang bermanfaat akan mendapatkan pahala yang tidak akan pernah terputus. Bahkan sampai meninggal dunia.

Maka dari iu, sering-seringlah untuk memberikan ilmu yang bermanfaat bagi banyak orang agar anda mendapatkan ganjaran pahala yang tidak akan pernah terputus. Menjadi guru contohnya. Dengan menjadi guru dan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi murid-murid anda, nantinya anda akan mendapatkan pahala. Tak hanya itu saja, ilmu yang anda aharkan pahala juga akan terus mengalir sampai anda nanti meninggal dunia.


3. Do’a Anak yang Shalih

Selain sedekah jhariyah dan juga ilmu yang bermanfaat, doa anak yang shalih juga merupakan salah satu amalan yang tidak akan pernah putus pahalanya ketika seseorang meninggal dunia. Anak yang shalih juga diyakini akan menolong kedua orangtuanya untuk menuju syurga nantinya. Doa-doa yang diucapkan oleh anak-anak yang shalih juga akan memberikan pahala yang terus mengalir dan tidak akan pernah terputus bagi kedua orangtuanya.

Maka dari itu bagi para orangtua, didiklah anak anda menjadi anak yang selalu berbakti kepada kedua orangtua, tidak melawan, dan senantiasa menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah Swt. Insyaallah anak anda akan menjadi anak yang shaloh dan senantiasa mendoakan anda ketika anda meninggal dunia nantinya. Anak shalih yang anda didik inipun tentunya akan memberikan pahala yang tidak akan pernah terputus kepada diri anda.


Anda juga tidak boleh hanya mengharapkan doa anak anda, tetapi anda juga harus berusaha untuk mendapatkan banyak pahala dengan rajin mengerjakan berbagai kebaikan dan juga perintah yang telah ditetapan oleh Allah Swt. Sekian tulisan ini semoga bermanfaat untuk anda semuanya.

0 Response to "Inilah 3 Amalan yang Tidak Akan Putus Pahalanya Ketika Seseorang Meninggal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel